Sejarah legenda band Metal asal Inggris ,JUDAS PRIEST - MUSIK KERAS ZINE

Breaking

Home Top Ad

Thursday, January 26, 2017

Sejarah legenda band Metal asal Inggris ,JUDAS PRIEST



Judas Priest adalah pelopor dari genre heavy metal, dan bisa dibilang yg menciptakan "metal" . Priest adalah salah satu band yang memicu evolusi genre heavy metal dengan membuang sebagian besar pengaruh blues, dan menciptakan sebuah sound "Metal" yang menjadi inspirasi band-band metal saat ini. 

Judas Priest adalah salah satu band heavy metal pertama dan dianggap salah satu band paling mempengaruhi  dalam  evolusi genre,Speed dan thrash metal di tahun 80-an.
K. K. Downing dan bassist Ian Hill adalah teman akrab sejak kecil .karena tempat tinggal mereka berdekatan  dan bersekolah di sekolah yg sama di kota West Bromwich. Mereka menjadi teman dekat di awal remaja mereka, mereka  mulai sharing tentang   musik yang sama,seperti(Jimi Hendrix, The Who, Cream, The Yardbirds) dan bersama sama belajar memainkan alat musik.

 Band ini didirikan pada tahun 1969 di Birmingham Inggris Raya, Awal kisah Sang vokalis, Al Atkins, mendekati Downing dan Hill, yang saat itu sedang bermain sebagai trio Power dengan drummer John Ellis, dan bertanya apakah ia bisa menjadi vokalis mereka. Dengan Atkins sekarang di band, Downing menyarankan mereka mengubah nama mereka untuk Judas Priest. Nama Judast Priest sendiri di ambil  lagu Bob Dylan "The Balada Frankie Lee dan Judas Priest" dari album John Wesley Harding.Dan ini inilah formasi awal Judast Priest.

Kemudian, pada tahun 1972, Rob Halford dan drummer John Hinch bergabung untuk menggantikan Atkins dan Partridge, dan  gitaris kedua, Glenn Tipton, juga ditambahkan ke line-up pada tahun 1974 sebagai kompensasi untuk (Gull Records) usulan perusahaan rekaman mereka untuk menambahkan horn section untuk album pertama, Rocka Rolla.

Harmoni gitar Downing dan Tipton ini  tidak sangat umum pada saat itu, tetapi menjadi  ciri khas untuk grup dan menginspirasi band-band lain seperti Metallica, Iron Maiden dan Megadeth untuk mengadopsinya. Dan sekarang menjadi ciri  standar dari banyak band heavy metal dan sub-genre metal.
Formasi Halford, Downing, Tipton dan Hill  dan telah  merekam 14 album dari tahun 1974 hingga 1990. Album kedua mereka, Sad Wing Of Destiny (dirilis pada 1976), dianggap salah satu album metal paling dasyat bersama dengan Black Sabbath.

Judas priest sering bongkar pasang drummer, pada 1980 Dave Holland bergabung sampai 1988 album Ram It Down,dan 1990 Scott Travis  mulai bergabung dengan Priest saat recording album Pain Killer.

Album yang paling terkenal dari Judast Priest  adalah "Brithis Steel" yg di rilis pada tahun 1980. British Steel, yang  meraih angka penjualan  fenomenal dan  mendapat platinum.Tahun 1986 fans Judas Priest sedikit kecewa dengan  album Turbo yang memakai drum elektronik dan gitar disintesis, tapi masih laku terjual  di seluruh dunia.

Pada tahun 1993 Halford menyatakan keluar dari Judas priest dan suskes dengan  project solo karirnya di tahun 1999.
Dengan hengkangnya Halford dari Judas Priest  membawa dampak yang buruk bagi masa depan band, dan Judas Priest  melakukan pencarian drummer pengganti yang cocok, akhirnya mereka menemukan pria yang istemewa  yaitu Tim "Ripper" Owens. Bersama Owens Judas Priest merekam 4 album yang disambut dengan reaksi gembira  oleh  penggemar Judas Priest.

Pada tahun 2003, line-up Judas Priest tahun 1990 terbentuk lagi ketika Rob Halford kembali ke grup dan menyatakan bergabung lagi dengan Judast Priest,dan merilis  "Metalogy." Pada tahun 2004 band ini  bermain Ozzfest dan merilis CD studio baru berjudul Angel Of Retribution sertaDVD live  pada tahun 2005, dan melakukan tur dunia yang sukses di tahun itu.

Setelah reuni emosional, tur yang panjang dan album studio baru, band ini merilis album selanjutnya pada bulan Juni 2008, bertitle Nostradamus. Luar biasa untuk Judas Priest, album ini adalah album double CD dan album konseptual pertama mereka.

Pada tahun 2011, KK Downing mengumumkan pengunduran dirinya dari Judas Priest,dan menyatakan bahwa world tour Epitaph, akan menjadi  tour  yang terakhir buatnya. pengganti Downing adalah mantan gitaris band milik  putri Steve Harris, Lauren Harris. Gitaris baru Judas Ptiest ini lahir pada tahun 1980 ketika Judas Priest sedang tur Brithis steel, Namanya Richie Faulkner.

Pada bulan Juli 2014, Judas Priest merilis album terbaru mereka "Redeemer of Souls "dan Ini adalah album studio pertama Judas Priest tanpa  KK Downing, dan sebagai gantinya adalah Richie Faulkner. Album ini bisa  diterima oleh penggemar dan meraup sukses.  Ian Hill  menyebut album ini adalah album terbaik Judas Priest dari album-album sebelumnya.Kemudian pada tahun 2014, Judas Priest memulai  tour  keliling dunia mereka Redeemer of Souls,dan perfom di Download Festival pada bulan Juni 2015.

Formasi Judas Priest saat ini:
Rob Halford - Vokal (1973-1991, 2003-)
Glenn Tipton - Lead Guitar (1973)
Richie Faulkner - Lead Guitar (2013-)
Ian Hill - Bass (1970-)
Scott Travis: - Drums (1989-)
Discography Judas Priest
1974 Rocka Rolla
1976 Sad Wings of Destiny
1977 Sin After Sin
1978 Stained Class
1979 Hell Bent for Leather / Killing Machine
1980 British Steel
1981 Point of Entry
1982 Screaming for Vengeance
1984 Defenders of the Faith
1986 Turbo
1988 Ram It Down
1990 Painkiller
1997 Jugulator
2001 Demolition
2005 Angel of Retribution
2008 Nostradamus
2014 Redeemer of Souls

No comments:

Post a Comment