Perseteruan tentang hak paten nama ENTOMBED - MUSIK KERAS ZINE

Breaking

Home Top Ad

Tuesday, June 6, 2017

Perseteruan tentang hak paten nama ENTOMBED

Seorang pengacara yang mewakili pentolan asli ENTOMBED Lars-Göran "LG" Petrov telah mengomentari  permasalahan hukum yang sedang berlangsung antara sang vokalis  dan teman  pendiri ENTOMBED Alex Hellid (gitar) mengenai hak atas nama band ini.

Pada tanggal 17 Mei, Hellid merilis sebuah pernyataan di mana dia mengklaim bahwa Pengadilan Tingkat Pertama Swedia (Pengadilan Hak Paten dan Pasar (PMD) Distrik Stockholm) telah mendukungannya atas masalah Hak paten nama Entombed

Helene Hillerström Miksche dari Comlaw, yang mewakili Petrov dan personil lain dari versi ENTOMBED dari LG (sekarang di sebut ENTOMBED AD), telah membantah klaim yang dibuat oleh Alex, dan bersikeras bahwa keputusan pengadilan tersebut tidak memberi hak eksklusif kepada sang gitaris untuk menggunakan nama tersebut. .

Dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke situs bisnis musik Swedia, MusikIndustrin.se, dia menuliskan: "Sayangnya, informasi yang salah telah menyebar tentang dua keputusan yang diumumkan oleh Pengadilan Hak paten dan Pasar pada bulan terakhir mengenai hak atas nama band dalam produk yang berbeda. Kelas Keputusan pengadilan sangat disayangkan dalam banyak hal, dan sebagian besar sulit untuk dimengerti .

Terlepas dari keputusan apa yang dibuat, dampaknya bukan karena merek dan nama band milik Alex dan mantan anggota band. Keputusannya belum Mendapatkan kekuatan hukum dan masih dapat mengajukan banding."

"Sikap LG dan anggota band lainnya adalah bahwa nama band itu termasuk milik bersama dalam band, dan Alex juga telah ditawari untuk  pendaftaran merek dagang tersebut," lanjutnya. "Hal yang sama berlaku juga untuk mantan personil band lainya.

Sikap Alex sejauh ini adalah bahwa seolah dia sendiri yang memiliki nama Entombed  dan anggota personil lain tidak memiliki hak termasuk LG, yang telah menjadi personil Entombed dari sejak awal.LG dan personil band lainnya pun masih berharap bisa menyelesaikanya dan mereka di luar pengadilan dan telah mengajukan beberapa proposal konsiliasi. "

Dalam pengumuman keputusan Pengadilan Hak paten dan Pasar bulan lalu, Hellid mengatakan bahwa "sangat melegakan bahwa masalah ini sekarang akhirnya sudah memperoleh payung hukum yang kuat dan kita bisa kembali fokus pada berkarya untuk  orang banyak lagi." Dia menambahkan: "Kami telah mendiskusikan tentang gagasan dan rencana apa yang ingin kami lakukan dan berharap bisa bekerja sama menciptakan ENTOMBED yang lebih baik  untuk ke depannya baik di studio rekaman maupun dalam saat live."

Hellid dan Petrov terlibat dalam perseteruan hukum atas nama ENTOMBED selama beberapa tahun. Pada tahun 2014, Petrov dilaporkan mendapat hak untuk menggunakan nama band sehubungan dengan kegiatan recording dan tour untuk masa selanjutnya, dan ini adalah sebuah keputusan yang ditolak  mentah-mentah oleh Hellid.Dan  sang Gitaris kemudian melanjutkan untuk mendaftarkan merek dagang untuk produksi lagunya dengan nama "Entombed".

Langkah ini tidak sesuai dengan mantan teman band Hellid, yang mengajukan surat protes menentang pendaftaran nama Alex, mengklaim bahwa hal itu bisa disalahartikan dengan aktivitas band. Dia juga mengatakan bahwa Hellid bertindak dalam "itikad buruk" ketika dia mendaftarkan nama dan bahwa ada keinginan untuk "menipu masyarakat umum."

Namun, protes Petrov tidak mendapat dukungan dari Kantor Pendaftaran dan Paten Swedia, yang menolak klaimnya atas masalah tersebut dalam keputusan 8 Maret 2016.

Dalam sebuah wawancara dengan Revolution-Music.dk, Petrov membela keputusan kelompoknya untuk merilis album dan tur dengan nama ENTOMBED AD untuk menghindari perseteruan hukum dengan Hellid yang tidak ingin mantan teman bandnya menggunakan nama ENTOMBED:

"Kami menambahkan dua huruf, tapi tetap dengan nama ENTOMBED didepanya "

Ditanya apakah menurutnya nama ENTOMBED telah rusak akibat drama seputar perpisahannya dengan Hellid dan keputusanya untuk melanjutkan ENTOMBED AD, Petrov mengatakan, "Nah, tidak juga. Seribu orang memiliki seribu pendapat berbeda - beda. Tapi kita melakukan apa yang kita rasakan benar, dan kita di sini sedang menjalani tour, dan itu yang paling penting, saya pikir,meninggalkan rasa  kekanak-kanakan dan tetap bermain musik metal, pada dasarnya. "

Album kedua ENTOMBED A.D., "Dead Dawn", dirilis pada bulan Februari 2016 melalui Century Media.
Versi yang sama sekali berbeda dari ENTOMBED - yang menampilkan Hellid, bersama dengan personil  pendiri lainnya Uffe Cederlund (gitar) dan Nicke Andersson (drum) - memainkan album terlaris band 1991, "Clandestine",

No comments:

Post a Comment